PERTEMUAN OPERASIONAL LINI LAPANGAN TAHAP I KAMPUNG KB DI DESA JANEGARA DAN KENDAWA

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Pertemuan Operasional Lini Lapangan Tahap I Kampung KB dilaksanakan selama 2 ( dua ) hari, Rabu – Kamis, 1 dan 2  September 2021 di desa Janegara dan Kendawa Kecamatan Jatibarang. Kegiatan dihadiri unsur Penyuluh KB, Pembantu Pembina KB Desa (PPKBD), Sub PPKBD, Kader Rumah DataKu (RDK), Kader Kelompok Kegiatan (POKTAN), Pokja Kampung KB dan Stakeholder.

Di desa Janegara, kegiatan pertemuan dibuka oleh Sekretaris Desa Dharmawan Sejati S.Pd. Disampaikannya, besar harapan dari pemerintah desa untuk bisa memajukan desa Janegara melalui kegiatan Kampung KB ini, dengan harapan para kader aktif dalam kegiatan Kampung KB dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, karena situasi sekarang masih dalam pandemi Covid-19. Melalui pertemuan kegiatan ini, kader maupun peserta yang hadir dapat berperan aktif menyampaikan apa yang diperlukan untuk bisa memajukan kampung KB desa Janegara, utamanya supaya desa Janegara dikenal lebih luas oleh masyarakat luar lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Satkoryan Bidang P3KB Nurhidayati Amd. Keb. menyampaikan ucapan terimakasih kepada Aparatur Pemerintahan Desa Janegara sekaligus mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan dikampung KB. Kegiatan apa yang belum terealisasi dan mengingatkan kembali mengenai pentingnya KB MKJP bagi yang belum memakai KB dengan Metode Jangka Panjang. Penyampaian materi atau evaluasi disampaikan Agus Suroso Selaku fasilitator Kampung KB.Beliau mengulas kembali kegiatan yang sudah dilaksanakan dikampung Kb desa Janegara diantaranya Pengadaan lapangan badminton, Pengadaan Air Bersih, Pengadaan petugas pemungut sampah, Pelatihan bagi ibu rumah tangga, Kegiatan senam sehat, Pengadaan lapangan sepak bola dan pengadaan WC umum.

Dari beberapa kegiatan diatas ada beberapa yang sudah berjalan, seperti dibukanya lapangan badminton dan lapangan tenis meja, dimana diharapkan dengan adanya lapangan tersebut para remaja aktif dengan kegiatan olah raga dari pada melaksanakan kegiatan yang tidak bermanfaat, seperti bermain game atau nongkrong yang tidak jelas. DIbangunnya PAMSIMAS sebagai sarana penunjang air bersih bagi warga Janegara, kegiatan Jum’at bersih, dimana diharapkan dengan lingkungan yang bersih dan adanya air bersih dapat menurunkan angka stunting yang ada di desa Janegara, melaksanakan kegiatan pelatihan diantaranya pembuatan sale pisang, hanya saja belum bisa produksi dikarenakan terhambat oleh pandemi.

HaryoSujito, S.Pd.SD selaku Pendamping Desa Janegara, turut menambahkan prioritas penggunaan Dana Desa ( DD ) tahun 2022 diantaranya, dukungan pada kegiatan BKB sebagai upaya menurunkan angka stunting, Kesehatan Ibu dan Anak, Sanitasi yang baik, Rumah Desa Sehat, peningkatan kapasitas untuk kader KPM, kader posyandu dan guru PAUD. Kegiatan yang sama juga dilaksanakan di desa Kendawa. Kepala Desa Tarjono merespon adanya Kampung KB di Desa Kendawa. Selain mewujudkan kekompakan antar warga, kesadaran untuk bermasyarakat pun semakin meningkat. Beliau berpesan, apabila ada usulan yang sekiranya dapat membangun dan memajukan Kampung KB desa Kendawa, agar dapat disampaikan dengan baik. Dan mengingatkan kembali mengenai pentingnya KB MKJP bagi Pasangan Usia Subur yang belum menggunakan KB.

Suwarno Selaku Fasilitator Kampung KB Desa Kendawa, berharap melalui pertemuan, dapat melaksanakan kegiatan pembinaan dan penyuluhan di Kampung KB serta meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait Program Bangga Kencana yaitu Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana, mengembangkan kegiatan Forum Musyawarah Desa di Kampung KB, meningkatkan kualitas Kader Tribina (BKB, BKR dan BKL) dan capaian keikutsertaan ber KB. Juga mereview usulan-usulan kegiatan Kampung KB tahun lalu dan rencana usulan kegiatan tahun yang akan datang.

Beliau pun menyampaikan, Kampung KB dikembangkan sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat khususnya mereka yang berada di wilayah pinggiran, miskin padat penduduk, tertinggal, terpencil, Daerah Aliran Sungai. Tak lupa Beliau menyampaikan usulan yang sudah di realisasikan, diantaranya Iuran untuk sumbangan/santunan kematian bagi warga di Kampung KB, Gerakan Kembali Bersekolah, namun hal ini kurang maksimal. Diharapkan, kedepannya semua usulan yang berdampak positif untuk kemajuan Kampung KB desa Kendawa dapat terealisasi. Pertemuan Operasional Lini Lapangan Tahap I Kampung KB di Desa Janegara dan Kendawa, diharapkan dapat memberikan respon membawa angin segar bagi kemajuan desa.(aff)

admin

admin

Leave a Replay

Tinggalkan Komentar

Tentang Kami

Pemerintah Kecamatan Jatibarang adalah Kecamatan yang terletak di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Brebes dan Kabupaten tegal.

Berita Terbaru

Follow Us

Weekly Tutorial

Subscribe untuk mendapatkan Berita Terbaru

Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit